Mitos Bulu Dicukur Tambah Lebat dan Kasar Ternyata Salah

Banyak orang takut mencukur bulu karena khawatir akan tumbuh lebih panjang, kasar dan lebat. Tapi apakah pernyataan bulu dicukur tambah lebat itu ilmiah atau sekadar mitos?

Menurut sebuah studi yang terbit pada Scientific American, tidak ada bukti yang mendukung mitos mencukur bulu akan membuatnya tumbuh lebih kasar, tebal dan lebat.

Dokter Novi menjelaskan, bulu tumbuh di bawah kulit yang disebut folikel. Jika bulu dicukur maka yang terpangkas hanyalah bagian luarnya saja. “Selama tidak ada kerusakan pada bagian folikel, maka aktivitas tumbuh bulu akan tetap seperti biasa, dengan ukuran yang sama,” ujarnya.

Perubahan sifat bulu yang demikian dipercaya sebagai ilusi dari reaksi mata yang beradaptasi kala melihat tekstur baru di tubuh.

“Akar bulu pada tubuh manusia seperti pensil atau lembing yang mengecil di bagian ujung. Jadi, ketika bulu dicukur, maka saat kembali tumbuh akan mengalami perubahan warna, bukan tekstur,” seperti yang ditulis dalam laporan penelitian.

Pada tahun 1970 silam, sekelompok ilmiah juga sempat mematahkan mitos serupa. Mereka menemukan bahwa tidak ada perubahan pada pertumbuhan bulu yang dicukur, baik secara tingkatan ketebalan dan tekstur.

Penemuan tersebut diatas terbilang konsisten dengan observasi ilmu dasar tubuh manusia. “Jika bulu dicukur tambah lebat dan kasar. Saya rasa semua wanita di dunia akan terlihat seperti gorila. Selain itu, tidak ada orang di dunia yang memerangi rambut rontok,” ujar Melanie Grossman, Dermatologist.

Banyak cara bisa dilakukan untuk menghilangkan bulu-bulu yang tidak diinginkan dalam tubuh. Selain bercukur, dapat juga menempuh waxing, penghilangan bulu dengan teknik laser, atau mencabut bulu.

Pada prinsipnya, cara-cara menghilangkan bulu tersebut sama saja.

Hanya saja, pada saat melakukan waxing, bulu terpangkas hingga ujung atau pangkalnya yang berada di bawah kulit. Sehingga, pada saat folikel kembali memproduksi bulu, yang tumbuh adalah bulu baru.

Menurut dr. Novi, menghilangkan bulu dengan menggabungkan salah satu metode diatas dengan penghilang bulu Puff IT hasilnya lebih maksimal dan tidak menimbulkan rasa sakit. Bahkan penghilangan bulu dengan Puff IT dapat dilakukan sendiri di rumah.

This entry was posted in Shaving.

Tinggalkan Balasan