Bedanya Bulu dan Rambut

Apa sih bedanya bulu dengan rambut? Yang betul bulu kucing atau rambut kucing? Bulu kaki atau rambut kaki? Umumnya masyarakat sering salah kaprah dan terbalik dalam menggunakan kedua kata tersebut. Dan uniknya, hal itu dianggap wajar atau tidak terdengar aneh. Padahal antara bulu dan rambut itu memiliki perbedaan yang signifikan terutama secara antomi.

Bulu adalah satu struktur kedap air yang menutupi permukaan tubuh burung dan unggas. Bagian terkecil dari bulu adalah barbules yang melekat pada barbs, cabang ke samping dari rachis, sumbu utama dari bulu. Sekumpulan barbs ini akan membentuk bulu-bulu halus yang disebut dengan vaneCalamus adalah tangkai pangkal dari bulu yang menghubungkan bulu dengan folikel kulit. Warna yang terdapat pada bulu berasal dari tiga pigmen utama yakni melanin (hitam, kelabu, coklat), prophyrin (variasi warna merah, coklat, hijau), dan karotenoid (merah pekat, oranye). Banyak ahli yang percaya bahwa bulu sebenarnya adalah perkembangan dari sisik reptil. Adaptasi untuk terbang dan pengaturan suhu tubuh dijadikan dasar teori yang memicu perkembangan bulu. Ada empat fungsi utama bulu yaitu untuk insulasi (mengatur suhu tubuh), aerodinamika, komunikasi, dan kamuflase. Bulu yang mengalami modifikasi dapat digunakan untuk berenang, memproduksi suara, mendengar (pada burung hantu), sensasi tactil (burung elang), dan penampilan saat breeding.

Berbeda dengan bulu, rambut adalah lapisan tebal dari rambut-rambut halus yang menutupi kulit dari mamalia termasuk manusia. Secara anatomis rambut tersusun dari akar rambut (root, bulb atau knob), batang rambut (shaft), dan ujung rambut (top). Umumnya baik manusia maupun hewan memiliki struktur bagian rambut yang sama yakni kutikula, korteks, dan medulla. Namun demikian ada beberapa hal yang membedakan antara rambut manusia dan hewan. Rambut hewan teraba lebih kasar dengan pigmen seragam yang terletak di tengah atau tepi. Sedangkan pada manusia rambut lebih lembut dan pigmen tersebar sepanjang batang rambut. Kutikula rambut hewan memiliki sisik yang besar, dengan medula yang lebar menyambung dan korteks yang tipis. Pada manusia kutikula lebih kecil, dengan medula sempit terputus atau menyambung, dan korteks yang tebal.

Perbedaan tak hanya di dari struktur, penggunaan istilahnya pun berbeda menurut bahasa inggris dimana kata ‘hair‘ digunakan untuk menyebut rambut pada manusia. Sedangkan untuk hewan kata yang tepat untuk ‘rambut’ adalah ‘fur‘ walaupun terkadang orang menyebutnya ‘hair’. Lain halnya dengan ‘bulu’ yang dalam bahasa inggris disebut dengan ‘feather‘. Namun kita tidak akan pernah mendengar ada orang asing yang mengatakan bulu kucing dengan sebutan feather atau bulu ayam dengan hair dalam bahasa inggris.

Paparan di atas seharusnya sudah mampu menggambarkan dengan jelas perbedaan antara bulu dengan rambut. Keduanya sangat berbeda jauh. Mungkin masyarakat sudah terlalu biasa untuk menyebut rambut dengan bulu. Dan sepertinya agak sulit untuk menggeser hal yang sudah menjadi kebiasaan di masyarakat ini. Meskipun begitu kita tetap harus mengetahui bahwa yang ada di tubuh manusia disebut rambut baik yang berada di kepala, mata, hidung, dada, kaki, ketiak, dan bagian tubuh lainnya. Begitu pula dengan yang ada pada hewan yang sering kita sebut berbulu. Hewan-hewan mamalia tersebut tidak berbulu melainkan berambut. Dan kalau mendengar kata bulu, ingatlah selalu pada burung dan unggas.

 

Tinggalkan Balasan