Menghilangkan Bulu dengan Laser Tidak Sepenuhnya Aman

1

Metode penghilangan bulu pada bagian yang tidak diinginkan sudah berkembang seiring dengan meningkatnya kecanggihan teknologi. Anda tak perlu lagi melakukan cara tradisional seperti waxing di tempat-tempat estetika. Berkat efektivitas dan keampuhannya, laser digunakan pula sebagai media perawatan tubuh dan penyembuhan di bidang medis. Salah satunya adalah dapat menghilangkan bulu dalam waktu singkat.

Proses penghilangan bulu dengan laser dilakukan dengan cara menyinari bagian yang ditentukan lewat energi berkekuatan rendah. Seperti dikutip dari Columbia Health, energi laser diubah menjadi panas sehingga membakar akar rambut. Proses tersebut membuat bagian yang dilaser tidak lagi ditumbuhi rambut.

Namun bukan berarti teknologi dan efektivitas yang dimiliki laser lantas tidak meninggalkan efek samping di kulit Anda. Dalam jangka pendek saja, Anda akan mengalami pembengkakan pada bagian yang dilaser karena kelebihan cairan pada kelenjar rambut di kulit. Selain efek tersebut, berikut efek samping yang akan Anda alami setelah melakukan penghilangan bulu dengan laser.

Sakit pada kulit
Ini sangat normal terjadi pada mereka yang menghilangkan bulu dengan laser. Walau berkekuatan kecil, laser yang ditembakkan ke kulit tetap mengandung panas, sehingga kulit Anda merasa kepanasan karena itu. Laser Hair Removal Focus menyarankan penggunaan kantong es untuk meredakan rasa sakit tersebut.

Kulit kemerahan dan melepuh
Karena panas yang dikeluarkan laser, kulit juga bereaksi sehngga memerah. Situasinya sama seperti terbakarnya kulit ketika Anda sedang berjemur tanpa menggunakan tabir surya, seperti dilansir Fitness and Health. Gunakan salep khusus perawatan kulit atau vitamin kulit yang dioleskan langsung.

Pigmen berlebihan
Efek laser secara langsung merangsang pertumbuhan pigmen secara instan di balik kulit Anda. Dalam jangka waktu lumayan lama, Anda bisa saja mengalami pigmen berlebih pada bagian yang dilaser. Bagian dengan pigmen berlebihan kerap terlihat seperti memar. Memilih terapis yang berpengalaman dan mengetahui soal kulit dan rambut sangat direkomendasikan oleh eDoctor agar mereka dapat mengurangi efek ini.

Source: Yahoo

This entry was posted in Laser.

5 Rahasia Kulit Mulus Seperti Boneka Dengan Cara Alami

7

Pernah memperhatikan wajah para artis yang sangat mulus? Misalnya saja wajah artis-artis Korea. Walaupun baru bangun tidur dan tidak pakai makeup apapun, wajah mereka tetap mulus dan halus seperti boneka.

Wajar kalau wajah mereka harus mulus, karena mereka harus tampil cantik setiap saat. Anda juga bisa kok memiliki wajah mulus seperti para artis. Tidak perlu pakai krim abal-abal yang membahayakan kulit, Anda bisa memakai perawatan sederhana dan alami untuk memiliki kulit mulus.

1. Apa Tipe Kulit Anda?
Untuk memiliki kulit halus dan mendapat perawatan sesuai, Anda harus tahu terlebih dahulu apa jenis kulit Anda. Jika kulit Anda kering di semua bagian wajah, berarti kulit Anda kering. Atau mungkin kulit kering di pipi tapi berminyak di daerah dahi dan hidung? Berarti kulit Anda kombinasi.
Setelah tahu apa jenis kulit Anda, akan lebih mudah untuk menemukan produk kosmetik yang sesuai dengan kondisi kulit Anda. Menggunakan kosmetik tepat sesuai kulit wajah adalah kunci memiliki kulit yang sehat.

2. Rutin Bersihkan Wajah
Jangan pernah lupa membersihkan wajah sebelum tidur. Wajah yang kotor dan dibawa tidur akan membuat wajah kusam dan memiliki banyak masalah kulit. Membersihkan wajah yang terbaik adalah maksimal 2 kali sehari. Lebih dari itu, kulit akan kehilangan minyak alami dan membuat kulit mudah teriritasi.

3. Jangan Pencet Jerawat Atau Komedo
Kadang tangan gatal ingin memencet jerawat atau komedo yang sedang menghampiri wajah. Kebiasaan ini sangat buruk untuk kulit Anda. Jari tangan adalah tempat yang penuh dengan bakteri dan kotoran. Kulit yang sedang berjerawat dan berkomedo lebih rentan iritasi jika bersentuhan dengan bakteri dan kotoran.
Jika muncul masalah jerawat, bersihkan wajah dan beri obat jerawat memakai cotton bud. Jika muncul komedo, daripada dipencet, lebih baik pakai pore pack untuk mengangkat komedo.

4. Rajin Gunakan Masker Alami
Ada banyak masker wajah yang dijual, tapi akan lebih baik jika Anda memakai masker buatan sendiri. Bahan-bahannya tidak sulit, Anda hanya butuh buah segar, blender, madu, minyak zaitun atau yogurt. Lakukan perawatan ini seminggu sekali.

5. Minum 8 Gelas dan Rajin Makan Buah Segar
Nutrisi terbaik untuk kulit adalah nutrisi dari dalam, maka jangan lupa memenuhi kebutuhan 8 gelas air setiap hari. Akan lebih baik jika Anda mengonsumsi buah segar setiap hari. Agar tidak bosan, ganti menu buah setiap hari. Ingat, ladies, buah segar! Bukan jus buah kemasan. Jus buah kemasan sudah ditambah gula, padahal gula adalah salah satu penyebab iritasi kulit dari dalam.
Tidak sulit bukan memiliki kulit mulus ala boneka? Semoga tips ini bermanfaat untuk Anda.
Source: Vemale

This entry was posted in Umum.

Mengapa Bulu Tumbuh Makin Lebat?

Apa yang membuat wanita kehilangan percaya diri, selain soal berat tubuh? Survei online terhadap lebih 2.000 wanita menunjukkan, tumbuhnya bulu-bulu halus di beberapa bagian tubuh menciptakan kegelisahan besar setelah obesitas.

Seperti dikutip dari Daily Mail, satu dari 10 wanita di dunia diperkirakan memiliki pertumbuhan rambut berlebih seperti di atas mulut, tangan, atau kaki. Perkiraan ini diperkuat dengan munculnya aneka produk perontok bulu atau jasa waxing.

“Banyak dari mereka yang menyalahkan faktor genetik atau keturunan sebagai penyebab tumbuhnya bulu-bulu itu, daripada persoalan medis,” kata Dr Rina Davidson, endrokinolog dari Whipps Cross University Hospital, London, yang mendalami soal pertumbuhan bulu-bulu halus pada wanita.

Dr Davidson tak memungkiri peran faktor genetik atas pertumbuhan rambut berlebih pada wanita. Namun, ada beberapa faktor lain yang tak boleh diabaikan seperti konsumsi obat-obatan tertentu, penyakit, juga kebiasaan diet yang buruk.

Makan makanan mengandung kadar gula tinggi dan karbohidrat olahan seperti biskuit dan cake, juga berperan meningkatkan pertumbuhannya. Makanan-makanan ini memiliki indeks glycaemic tinggi. “Yang artinya dapat menyebabkan resistensi insulin,” ujarnya.

Insulin merupakan hormon yang mengontrol kadar gula darah. Resisten berarti hormon menjadi kurang efektif menurunkan kadar gula darah, sehingga tubuh harus bekerja keras untuk mencukupi kebutuhan insulin.

“Masalahnya peningkatan kadar insulin dapat memicu ovarium meningkatkan produksi hormon testosteron. Hormon pria inilah yang kemudian berperan menumbuhkan bulu-bulu halus di beberapa bagian tubuh wanita, seperti pria,” kata Marilyn Glenville, ahli nutrisi dan pakar kesehatan wanita.

source: vemale

Benarkah Tawas Memutihkan Ketiak?

4

Mitos: Dengan mengoleskan cairan tawas pada lipatan ketiak, ketiak bisa menjadi putih.

Fakta: Tawas merupakan bahan untuk mencegah bau badan. Cara kerjanya adalah mengurangi proses keringat, terutama di bagian lipatan ketiak. Tetapi, tawas tidak bersifat mencerahkan maupun memutihkan warna kulit.

 

Mitos: Untuk memutihkan ketiak, gunakan air perasan lemon dan mentimun. Gosokkan di kulit yang menggelap, diamkan selama 20 menit, lalu bersihkan dengan waslap hangat. Bisa dilakukan pagi dan malam hari.

Fakta: Mentimun bersifat mendinginkan, dan lemon mengandung antioksidan yang dapat mencerahkan melanin kulit. Perawatan ini bisa saja dilakukan untuk mengurangi tingkat kegelapan pada warna kulit, walaupun sangat ringan.

 

Mitos: Untuk memutihkan kulit ketiak, bisa dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung pemutih. Cukup seujung jari dan oleskan di bagian yang berwarna gelap. Bersihkan dengan air hangat.

Fakta: Kandungan yang terdapat dalam pasta gigi biasanya cukup keras untuk kulit di ketiak. Jika kulit Anda termasuk jenis sensitif, hal ini justru akan memperparah kondisi kulit. Pemutih dalam pasta gigi tidak ada hubungannya sebagai pemutih kulit.

 

Source: Femina

Mitos Bulu Dicukur Tambah Lebat dan Kasar Ternyata Salah

Banyak orang takut mencukur bulu karena khawatir akan tumbuh lebih panjang, kasar dan lebat. Tapi apakah pernyataan bulu dicukur tambah lebat itu ilmiah atau sekadar mitos?

Menurut sebuah studi yang terbit pada Scientific American, tidak ada bukti yang mendukung mitos mencukur bulu akan membuatnya tumbuh lebih kasar, tebal dan lebat.

Dokter Novi menjelaskan, bulu tumbuh di bawah kulit yang disebut folikel. Jika bulu dicukur maka yang terpangkas hanyalah bagian luarnya saja. “Selama tidak ada kerusakan pada bagian folikel, maka aktivitas tumbuh bulu akan tetap seperti biasa, dengan ukuran yang sama,” ujarnya.

Perubahan sifat bulu yang demikian dipercaya sebagai ilusi dari reaksi mata yang beradaptasi kala melihat tekstur baru di tubuh.

“Akar bulu pada tubuh manusia seperti pensil atau lembing yang mengecil di bagian ujung. Jadi, ketika bulu dicukur, maka saat kembali tumbuh akan mengalami perubahan warna, bukan tekstur,” seperti yang ditulis dalam laporan penelitian.

Pada tahun 1970 silam, sekelompok ilmiah juga sempat mematahkan mitos serupa. Mereka menemukan bahwa tidak ada perubahan pada pertumbuhan bulu yang dicukur, baik secara tingkatan ketebalan dan tekstur.

Penemuan tersebut diatas terbilang konsisten dengan observasi ilmu dasar tubuh manusia. “Jika bulu dicukur tambah lebat dan kasar. Saya rasa semua wanita di dunia akan terlihat seperti gorila. Selain itu, tidak ada orang di dunia yang memerangi rambut rontok,” ujar Melanie Grossman, Dermatologist.

Banyak cara bisa dilakukan untuk menghilangkan bulu-bulu yang tidak diinginkan dalam tubuh. Selain bercukur, dapat juga menempuh waxing, penghilangan bulu dengan teknik laser, atau mencabut bulu.

Pada prinsipnya, cara-cara menghilangkan bulu tersebut sama saja.

Hanya saja, pada saat melakukan waxing, bulu terpangkas hingga ujung atau pangkalnya yang berada di bawah kulit. Sehingga, pada saat folikel kembali memproduksi bulu, yang tumbuh adalah bulu baru.

Menurut dr. Novi, menghilangkan bulu dengan menggabungkan salah satu metode diatas dengan penghilang bulu Puff IT hasilnya lebih maksimal dan tidak menimbulkan rasa sakit. Bahkan penghilangan bulu dengan Puff IT dapat dilakukan sendiri di rumah.

This entry was posted in Shaving.

Menghilangkan Bulu Ketiak Secara Alami

Menghilangkan bulu ketiak hukumnya sunnah. Ini nih cara alami menghilangkan bulu ketiak.

Bulu ketiak adalah bulu-bulu halus yang berada di bawah ketiak, memanjang dan warnanya hitam. Dalam Islam, bulu ketiak adalah salah satu jenis bulu atau rambut yang disunahkan untuk dihilangkan.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan bulu ketiak? Ada cara alami dan ada cara modern. Berikut ini adalah cara-cara alami menghilangkan bulu ketiak.

Yang namanya alami sudah pasti menggunakan tumbuhan ataupun tanaman yang bisa dengan mudah dibeli atau dipetik langsung dari kebun. Untuk masalah rambut ketiak, ada beberapa bahan yang sejak lama dipergunakan oleh pakar kecantikan untuk menghilangkan bulu ketiak tanpa harus mencukurnya.

  1. Gunakan pepaya

Pada buah pepaya tersimpan banyak nutrisi yang salah satunya mampu melancarkan sistem pencernaan manusia. Kegunaan lain dari buah pepaya adalah sebagai bahan alami perontok bulu ketiak.

Di dalam pepaya terdapat enzim aktif yang bernama papain. Fungsi dari enzim tersebut adalah mencegah pertumbuhan rambut dan mematahkan folikel rambut.

Siapkan bahan:

  • 1 buah pepaya yang masih mentah
  • 1/4 sendok teh kunyit bubuk
  • 1/4 sendok teh tepung terigu
  • 4 sendok makan gel lidah buaya
  • 2 sendok makan minyak sawi
  • 2 tetes minyak atsiri atau lavender

Buat krim pepaya:

  • Campur semua bahan pada mangkuk berukuran medium, aduk – sampai pasta atau krim yang dihasilkan menebal
  • Oleskan pada ketiak dengan melawan arah pertumbuhan bulu ketiak (dari bawah ke atas)
  • Biarkan mengering selama 15 – 20 menit
  • Gunakan kain bersih untuk membersihkan pasta tadi, cara menggosoknya juga harus berlawanan arah dengan pertumbuhan bulu ketiak

Jika krim pepaya sudah bersih, cuci ketiak pakai air dingin lalu keringkan. Terakhir, pijat kulit ketiak menggunakan minyak zaitun atau baby oil.
Lakukan perawatan ini 3 kali dalam seminggu dan paling tidak rutin menjalani perawatan ini selama 3 bulan.

Anda harus tekun agar hasilnya cepat terlihat. Perlu Anda ketahui, manfaat dari pepaya ini juga untuk memutihkan kulit ketiak yang menghitam dan membuatnya menjadi halus.

  1. Gunakan kunyit

Masyarakat di India telah lama mempergunakan kunyit sebagai bahan alami untuk mencerahkan dan menyehatkan kulit. Kulit menjadi sehat karena kunyit memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Selain berguna untuk perawatan kulit, rempah-rempah ini juga berkemampuan dalam hal mencegah pertumbuhan rambut. Jadi sangat cocok bagi Anda yang kebingungan mencari tips menghilangkan bulu ketiak secara alami.

Siapkan bahan:
1-2 sendok teh kunyit yang sudah dikupas dan dicuci bersih.
Air secukupnya untuk membuat pasta.

Cara meramu:

  • Haluskan kunyit, lalu rendam kedalam air dan lumatkan sampai berbentuk pasta yang tidak terlalu padat tapi juga tak terlalu rapuh
  • Tempelkan krim kunyit pada ketiak Anda dan gosok ke arah yang berlawanan dengan pertumbuhan rambut
  • Diamkan sekitar 15 menit (intinya sampai mengering)
  • Bersihkan pasta yang sudah kering dengan air hangat

Ramuan tersebut bisa digunakan untuk merontokkan bulu ketiak yang tidak terlalu lebat. Jika sudah lebat, maka harus ditambahkan dengan tepung terigu dan tepung beras atau gandum + susu.

  1. Perpaduan antara gula, lemon dan madu

Bahan yang ketiga ini adalah kombinasi antara produk lebah, gula dan jeruk nipis atau lemon. Cara alami yang ini dikatakan paling efektif dan cepat merontokkan bulu ketiak, karena memang saat Anda mencoba tips yang ini akan terasa sedikit sakit sebab bulu akan diusahakan untuk tercabut.

Siapkan bahan:

  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh madu
  • 3 sendok teh jus lemon
  • 1 – 2 sendok teh tepung terigu
  • Kain panjang untuk menggosok ketiak atau gunakan Waxing Strip
  • Air secukupnya

Cara mencampur semua bahan:

  • Pada mangkuk kecil, masukkan gula pasir dengan takaran sesuai pada bahan persiapan
  • Tambahkan madu dan jus lemon. Aduk sebentar lalu masukkan ke dalam panci
  • Panaskan di atas kompor agar terbentuk pasta halus, jika tidak ingin repot gunakan saja microwave selama 3 menit
  • Jika pasta yang jadi terlalu tebal, tambahkan sedikit air kemudian aduk perlahan
  • Matikan api dan tuang lagi campuran ketiga bahan tadi pada mangkuk, biarkan agak mendingin (bukan dingin)
  • Tepuk-tepuk ketiak Anda menggunakan tepung terigu seperti sedang memakai bedak
  • Gunakan kuas untuk mengoleskan campuran ketiga bahan yang sudah agak dingin pada ketiak
  • Tutupi ketiak menggunakan kain panjang atau Waxing Strip, tekan dan tarik kain ke arah yang berlawanan dengan jalur pertumbuhan rambut
  • Lakukan sekitar 3 kali tarikan, memang agak sakit tapi ini terbilang langkah yang paling cepat

Jika Anda tidak ingin mengambil risiko, lebih baik gunakan cara yang lebih santai dan tidak menyakitkan seperti ini. Sekedar informasi tambahan, lemon atau jeruk nipis yang diperas dan dicampur dengan air bisa juga dimanfaatkan untuk menghilangkan bau kaki.

Semoga bermanfaat.

Tips Hindari Iritasi Akibat Waxing

Setelah melakukan waxing, kulit kita merah-merah akibat iritasi. Rasanya terbakar dan sakit. Duh, gimana cara biar sembuh ya?

Obati
Saat kulit kita kemerahan akibat iritasi, oleskan antibiotik Neosporin yang bisa kita beli di apotik. Antibiotik ini bisa menyembuhkan iritasi secara cepat, tapi kita harus memastikan enggak alergi memakainya. Kalau ingin mencoba cara alami, pakai gel lidah buaya yang didinginkan di lemari es. Oleskan merata ke kulit iritasi diamkan lalu bersihkan dengan air.

Scrubing
Setelah 3 hari waxing, coba lakukan scrub dengan garam laut. Exfoliating menghilangkan sel kulit mati yang bikin rambut baru terperangkap di dalamnya. Dengan rajin scrub, iritasi di kulit akan berkurang saat waxing selanjutnya.

Pelembab
Wajib menggunakan pelembab setelah waxing. Ini akan membuat kulit dan rambut baru menjadi halus. Dengan begitu, waxing selanjutnya enggak akan membuat kita merasa sakit. Kita bisa juga menaburkan bedak bayi setelah waxing. Dengan begitu pori-pori kulit akan tertutup dan mengurangi iritasi serta rasa sakit akibat waxing.

Air Es
Segera kompres dengan air es setelah selesai waxing. Air es akan meredakan rasa sakit dan kulit kemerahan. Jangan lupa oleskan gel aloe vera untuk mengobati iritasi kulit.

Dilarang Berenang
Jangan berenang di kolam renang atau pantai dalam 24 jam setelah waxing. Kulit kita masih sangat sensitif, dan bisa terinfeksi bakteri jahat. Udara panas juga bisa menambah iritasi kulit semakin parah. Biar aman, lakukan kegiatan indoor sementara sampai kulit terasa lebih baik.

This entry was posted in Waxing.